Begini Metode Bagi Hasil Harian dan Bonus Mingguan Grabcar

Begini Metode Bagi Hasil Harian dan Bonus Mingguan Grabcar, dengan semakin berkembangnya bisnis transportasi online berbasis aplikasi banyak sekali minat masyarakat untuk ikut serta bergabung menjadi mitra transportasi berbasis aplikasi online tersebut, dan banyak juga peminat untuk menjadi konsumennya.

Salah satu aplikasi transportasi berbasis online yang sangat pesat adalah dari vendor grab, dimana aplikasi yang di bawah naungan grab ini memberikan kemudahan dengan menggunakan aplikasi tersebut kamu dapat memesan berbagai macam layanan online seperti : Grabcar (taksi plat hitam), GrabTaxi (taksi plat kuning), Grabbike (Transportasi Roda Dua atau Ojek Online) Serta layanan delivery.

Namun disini kita akan membahas bagaimana cara menghitung bonus untuk kamu yang akan dan telah menjadi mitra layanan grabcar, fenomena bonus grabcar yang banyak orang mempertanyakannya kita akan jelaskan disini.

Banyak orang mempertanyakan hal ini, bagaimana bagi hasil jika menjadi mitra grabcar, potongannya gimana? per hari? per minggu? atau per bulan? trus bagaimana managemen grab memotong hasil yang telah kita dapat?

Begini cara grabcar berbagi hasil dengan mitranya, setelah kamu mendaftar menjadi mitra grabcar kamu di wajibkan untuk mengisi saldo token pada aplikasi sebagai penerima order, Nah sewaktu kamu menerima order token kamu akan terpotong dengan sendiri atau secara otomatis oleh sistem grabcar.

Biasanya pemotongan ini sebesar 10% s/d 15% sesuai tarif dari argo atau tarif yang tertera pada aplikasi yang telah menjadi mitra grabcar tersebut, potongan 10% untuk jarak dekat dan 15% untuk jarak jauh. misalkan ada order di daerah bogor ke jakarta dengan tarif argo Rp 200.000,- Maka secara otomatis tarif Rp 200.000,- : 15% = Rp 30.000,- Untuk pihak grabcar dan sisanya sebesar Rp 170.000,- bersih untuk mitra grabcar sehari-harinya untuk bensin dan operasional lainnya.

Besaran 30rb tersebut akan di potong secara otomatis oleh pihak grabcar dari saldo token yang telah diisi pada aplikasi mitra grabcar masing-masing, semakin banyak order maka saldo token akan habis dan harus di isi ulang kembali untuk melanjutkan orientasi.

Bonus grabcar sendiri yang dapat di peroleh oleh mitranya yakni per minggu atau setiap minggu dapat bonus dari aplikasi grabcar dengan catatan si mitra harus mencapai target Rp 2.500.000,- per minggunya maka bonus bersih yang didapatkan oleh mitra grabcar sebesar Rp1.160.000,- per minggunya. Dalam sebulan ada 4 minggu tinggal di kalikan saja Rp 1.160.000,- X 4 minggu = Sebesar Rp 4. 640.000,- (ketutup buat cicilan mobil dan masih ada lebihnya).

Total Hasil: Harian x 30 hari + Mingguan (yang sudah di kali bulanan)

Misal pendapatan kotor Rp 500.000,- potong bensin Rp 150.000,- potong makan Rp 50.000,-. Sisa harian kita bersih Rp 300.000 x 30 hari = Rp 9.000.000,- + Rp 4.640.000,- = Bersih Tiap Bulan Rp 13.640.000,-

Namun ada beberapa persyaratan lainnya jika ingin mendapatkan bonus mingguan dari aplikasi grabcar tersebut, syarat tersebut antara lain mitra grabcar harus mendaftar via rental yang sudah menjadi cabang atau mitra kepercayaan grabcar untuk pendaftaran.

Pada umumnya untuk pendaftaran via rental maka pihak rental akan memotong 10% setiap minggunya dari hasil bonus mingguan yang di dapat dari bonus aplikasi, dan juga biasanya rental mematok harga pendaftaran 500rb sampai 1 juta di muka, untuk pendaftaran tergantung kebijakan dari rental di masing-masing tempat.

Pengertian rental disini hanya mendaftarkan pemilik mobil ke kantor pusat grabcar, mobil tetap di pemilik mobil dan tidak di titipkan di rental.

Tertarik nyupir di Grabcar? berikut persyaratan yang harus di persiapkan oleh calon mitra grabcar yang mendaftarkan diri lewat rental adalah sbb:

  • Foto copy KTP (Driver)
  • Foto copy SIM (Driver)
  • SKCK (Driver)
  • Foto copy STNK (Dibawa yang aslinya saat penyerahan data)
  • Foto copy Kartu Keluarga
  • Polish Asuransi All Risk (Komprehensive) [asli dan foto copy]
  • Minimal Tahun Mobil 2012
  • Minimal Kapasitas Mesin Mobil 1200CC .

 

PERTANYAAN YANG SERING DIPERTANYAKAN OLEH MITRA GRABCAR
  1. Mengapa saya tidak mendapatkan insentif?
    • Untuk mendapatkan bonus insentif dari GrabCar, Anda harus memenuhi syarat dan ketentuan yang telah kami tentukan, yaitu:
      1. Rating bintang minimal di 4.5/5.0
      2. Tingkat Penyelesaian* (Completion Rate) minimal 70%.
    • Jika salah satu syarat diatas tidak terpenuhi, maka Anda tidak berkesempatan untuk mendapatkan bonus insentif pada minggu tersebut.
  1. Mengapa aplikasi Grab Driver saya tiba-tiba tidak aktif?
    • Jika tampilan aplikasi Anda tertera tulisan “Akun Anda telah dibekukan. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di support.id@grab.com.” Artinya akun Anda masuk dalam daftar pelanggaran kode etik. Cara mengetahui pelanggaran Anda, silahkan langsung datang ke kantor GrabCar Makassar untuk penjelasannya.
  1. Mengapa saldo kredit saya belum ada pemotongan untuk ditransfer ke rekening CIMB Niaga saya?
    • Pastikan akun bank CIMB Niaga Anda telah terdaftar di sistem Grab. Anda dapat menghubungi Call Center untuk mengetahui apakah sudah terdaftar atau belum. Jika belum, silahkan langsung datang ke kantor GrabCar Makassar dengan membawa fotokopi buku rekening yang menerangkan nomor rekening Anda.
    • Pastikan saldo kredit Anda melebihi IDR 100,000.
      Contoh: Jika saldo kredit Anda IDR 500,000, Grab akan mentransfer IDR 400,000 ke akun bank. Sisa IDR 100,000 adalah sebagai modal Anda untuk bekerja di minggu berikutnya.
    • Jika akun Anda masuk dalam daftar terindikasi kecurangan, maka saldo Anda akan hangus.
  2. Apa itu TINGKAT PENYELESAIAN ?
    • Tingkat penyelesaian adalah perhitungan baru dari Grab merupakan penggabungan antara nilai cancel dan nilai penerimaan.
    • Bagaimana saya menghitung TINGKAT PENYELESAIAN?
    • TINGKAT PENYELESAIAN = jumlah order yang diselesaikan DIBAGI Order yang masuk / ditawarkan
  1. Apakah nilai pembatalan di aplikasi sudah termasuk pembatalan penumpang dan Call Center?
    • Total nilai pembatalan yang tertera pada aplikasi Anda belum termasuk cancel penumpang dan Call Center. Artinya: JANGAN menjadikan patokan total nilai pembatalan yang tertera pada aplikasi Anda.Karena angka yang tertera belum diakumulasikan dengan total pembatalan penumpang dan Call Center.
  2. Bagaimana cara menghitung persentase nilai pembatalan secara keseluruhan?
    (Pembatalan Mitra + Penumpang + Call Center)

    • (Total Pembatalan Mitra + Penumpang + Call Center)/(Total keseluruhan order per minggu)
      untitled

      • Maka persentase pembatalan mitra adalah 38%
      • Setiap hari Senin, nilai pembatalan Anda akan dimulai kembali dari 0.
  3. Bagaimana perhitungan Nilai Penerimaan dan Penilaian Bintang?
    • Nilai penerimaan/Acceptance Rating adalah tingkat respon Anda terhadap order yang masuk di Aplikasi Grab Driver anda. Semakin banyak Anda merespon order yang masuk, maka nilai penerimaan job juga akan makin meningkat. Jangan pernah Anda mengabaikan order yang diberikan. Jika Anda mengabaikan order, maka nilai penerimaan akan berkurang 40 – 60%. Setiap hari Senin nilai penerimaan job anda akan dimulai dari 0% kembali. Pastikan aplikasi Anda tidak diaktifkan pada saat beristirahat atau sedang tidak bekerja.
    • Penilaian Bintang adalah respon yang diberikan langsung oleh penumpang atas pelayanan yang Anda berikan. Semakin baik Anda memberikan pelayanan, kesempatan mendapatkan bintang 5 dari penumpang akan semakin besar. Selalu mengingatkan kepada penumpang untuk memberikan bintang 5. Jika penumpang memberikan bintang dibawah 5, maka nilai bintang Anda akan berkurang antara 10 – 30 point. Nilai bintang ini akan di update setiap 12 jam sekali.
    • Contoh Kasus: Mitra A, pada pagi hari senin jam 8, total penumpang yang telah memberikan bintang sebanyak 70 orang dengan nilai bintang 4.70. Kemudian di hari yang sama jam 10 pagi, Mitra A melihat Nilai Bintang di Aplikasi berkurang menjadi 4.67 dengan total yang memberikan bintang sama sebanyak 60 orang, padahal Mitra A belum bekerja pada hari itu. Hal ini terjadi dikarenakan penumpang terakhir di Hari Minggu pada saat Mitra A bekerja tidak memberikan bintang 5, tetapi memberikan bintang 3. Sistem belum mengupdate nilai bintang 3 tersebut pada hari minggu. Efek nya adalah Nilai Bintang Anda jadi berkurang pada hari Senin.
  4. Bagaimana perhitungan insentif di GrabCar?
  • Insentif akan diberikan jika memenuhi syarat pada pertanyaan pertama.
  • Insentif di GrabCar sifatnya tidak permanen. Insentif dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan dari kita, baik nominal, target dan syarat yang berlaku. Jika Anda ingin mendapatkan bonus GrabCar, Anda harus mencapai target dan syarat yang ditentukan. Untuk target insentif, silahkan baca di Blog Pengemudi dari aplikasi Grab Driver.
  • Periode perhitungan insentif adalah Senin – Minggu. Bukan ditransfer langsung ke rekening CIMB Niaga.
  1. Bagaimana proses transfer saldo kredit ke rekening CIMB Niaga?
    • Insentif baru akan ditransfer ke CIMB Niaga setelah diproses dari pusat.
    • Setelah saldo Anda dipotong untuk dipindahkan ke rekening, proses transfer ke rekening Anda akan memakan waktu 2 – 3 hari.
  1. Saya mendapatkan orderan GrabPay (Kartu Kredit), mengapa saldo belum transfer ke rekening CIMB Niaga saya?
    • Semua orderan GrabPay tidak ditransfer ke akun bank Anda. Pembayaran secara otomatis akan ter Top-Up ke Dompet Tunai Anda pada aplikasi Grab Driver setelah Anda menyelesaikan pekerjaannya.
    • Proses Top-Up maksimal memakan waktu 1 jam.
  1. Bagaimana cara pindahkan saldo dari Dompet Tunai ke rekening CIMB Niaga saya?
    • Pastikan nomor rekening Anda sudah terdaftar di sistem Grab.
    • Buka menu Dompet dari aplikasi Grab Driver Anda.
    • Pilih Dompet Tunai
    • Pilih Pindah ke Akun
    • Pilih Pindah Uang ke Akun Bank
    • Masukkan nominal yang ingin dipindahkan ke akun bank Anda
    • Pilih Next/Selanjutnya
    • Pilih Konfirmasi
    • Setelah status berhasil, proses transfer adalah 3 – 5 hari kerja.
  2. Bagaimana cara pindahkan saldo dari Dompet Tunai ke Dompet Kredit?
    • Buka menu Dompet dari aplikasi Grab Driver
    • Pilih Kredit
    • Pilih Top-up dengan akun
    • Pilih Dompet Tunai
    • Masukan nominal yang ingin dipindahkan ke Dompet Kredit
    • Pilih Next
    • Pilih Konfirmasi
  1. Kenapa Pemotongan saldo kredit saya tidak sama jumlahnya dengan yang masuk ke rekening CIMB Niaga saya?
    • Selisih pemotongan dari saldo kredit ke Rekening CIMB Niaga Anda dikarenakan potongan pajak sebesar 6%/bulan dari total pendapatan bonus insentif yang Anda dapatkan dari Grab. Pemotongan tersebut selalu dilakukan diakhir bulan berbarengan dengan transferan insentif di minggu terakhir pada bulan tersebut.
  1. Jika akun saya telah diblokir permanen atau di-blacklist, apakah masih bisa daftar kembali?
    • TIDAK BISA. Karena akun Anda telah masuk dalam daftar pelanggaran kode etik GrabCar.

Apabila Anda memiliki pertanyaan lain, silahkan hubungi support.id@grab.com atau telepon ke 021 8064 8777atau datangi kantor GrabCar Makassar.

Jika berminat silahkan mendaftar Secara Online Klik DISINI

Meyer Hayzer

Meyer sebagai Sales Honda Profesional untuk wilayah Makassar dan Sulselbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *